Kesopanan Timur

Kemarin, istri dan anak bungsuku pergi ke toko dekat rumah untuk membeli sesuatu. Sampai di sana, dia menjumpai pemilik toko sedang berbincang santai dengan temannya. Istri berkata,”Pak Ikhsan, aku mau beli.” Pak Ikhsan, kami sekeluarga sudah akrab dengannya, berkata,”Monggo,Mbak. Ambil aja perlu sampeyan.” Untuk kedua kalinya istri berkata,””Pak Ikhsan, aku mau beli.” Menganggap omongannya cuma basa basi, Pak Ikhsan juga mengulang,”Lho, ambil aja perlu sampeyan.” Dan dia tetap berbincang dengan temannya. Merasa ada komunikasi yang tersumbat, istri mengulangnya,”Pak Ikhsan, aku mau beli sesuatu.” Sampai di sini Pak Ikhsan menyadari sumbatan itu dan berkata,”Oh, sudah dulu ya. Ada yang beli tuh.” Lalu dengan penasaran dia bertanya,”Arep tuku opo, Mbak?”. Dengan pelan tapi pasti istri menjawab,”Softex, Pak”.

Sebagian dari kita mungkin tak lagi tabu untuk bertanya langsung kepada penjual di hadapan orang lain soal “bagian dalam” karena itu kan hanya “kulit”, yang penting “the real thing” masih tertutup. Namun, sebagian lain menganggap kalau “kulit” aja gak kelihatan apalagi “the real thing”-nya. Dalam industri, pendapat kedua ini disebut “preventive action”. Kesopanan timur sebenarnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tindakan pencegahan seperti ini hanya proses edukasi yang terlampau sedikit dan keteladanan yang minim membuat budaya ini luntur.

2 Tanggapan

  1. Berbicara ttg budaya kerja spt diatas, budaya ewuh pakewuh,apalagi senioritas, mungkin bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, masih kental nuansanya akan kita temukan disekitar kita. Dan ini seringkali jadi faktor penghambat ketika kita mau menjalankan budaya kerja ala negara2 maju. Preventive maintenance td misalnya, harusnya sejak awal,sudah dilakukan untuk mencegah downtime akibat mesin produksi Stop krn trouble. Tp karena ewuh pakewuh dgn pimpinan krn belum mendpt perintah,akhirnya ya dibiarkan sj,gak ada TPM.

    • Arief,
      Bisa ewuh-pakewuh, bisa juga males. Nggak ada instruksi, nggak ada operasi. Padahal inovasi dan decision making merupakan bagian dari jobdesc.
      Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: