komputer kuantum

Komputer kuantum tidak berbeda dengan komputer normal dari luarnya, tetapi komputer kuantum beroperasi berdasarkan prinsip teori kuantum. Sehingga komputer kuantum disusun dengan cara yang sama sekali berbeda.

Komputer normal beroperasi berdasarkan satuan-satuan yang dinamakan bit. Tiap byte pada komputer normal hanya berarti salah satu dari 0 atau 1. Tak perduli seberapa besar byte yang anda punya, tiap komputer pada satu waktu hanya berisi satu kombinasi byte-byte ini agar program dapat beroperasi.

Komputer kuantum berbeda karena adanya prinsip mekanika kuantum atau superposisi. Cobalah anda ingat kembali pelajaran SMU dulu, anda mungkin telah belajar mengenai superposisi saat membahas bagaimana gelombang seperti cahaya dan suara bergerak dari titik satu ke titik lain. Kuanta juga dapat berada dalam superposisi dibandingkan kuanta yang lain sehingga bit kuantum yang membentuk komputer dapat berupa 0, 1 dan superposisi sembarang dari keduanya.

Semakin banyak bit kuantum (dikenal juga qubit) anda punya, semakin banyak peluang posisinya. Karena anda berurusan dengan superposisi maka posisi-posisi yang berbeda dapat diduduki sekaligus. Bila komputer 8-bit hanya dapat menduduki salah satu dari 256 posisi yang dihasilkan oleh 8 bit itu pada satu waktu, maka komputer kuantum dapat menduduki semua 256 qubit posisi dalam sekaligus.

Karena itu komputer kuantum dapat jauh lebih hemat daripada komputer konvensional. Meskipun komputer kuantum masih dalam tahap yang sangat dini, pada akhirnya komputer ini dapat menghitung lebih cepat daripada komputer yang kita punyai sekarang. Jika hal ini terjadi maka kecepatan PC sebesar 3.0 GHz takkan ada artinya dibandingkan komputer kuantum baru yang tersedia di pasaran.


Sumber: http://www.physicspost.com/science-article-241.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: