Teknologi Nano

Saat anda berbicara mengenai teknologi nano, anda perlu berpikir dalam beberapa disiplin ilmu yang saling menjalin menjadi satu teknologi dan dinamakan teknologi nano. Teknologi ini menggabungkan fisika, biologi, kimia dan ilmu-ilmu bahan serta keseluruhan ilmu-ilmu teknik. Teknologi nano juga mengacu pada sesuatu yang terkait dengan teknologi baru yang menarik yang melingkupi pemikiran-pemikiran sains modern yang terbaik.

Intinya, teknologi nano mengacu pada pemahaman mengenai fisika, biologi dan bahkan sifat-sifat kimia yang berkaitan dengan skala atom dan semi-atom. Bahkan teknologi nano dapat memanipulasi atom yang dikendalikan untuk menciptakan bahan tertentu yang kemampuannya sangat khusus. Tetapi anda keliru bila menganggap teknologi nano secara keseluruhan adalah buatan manusia, karena alam juga berperan di sini. Alam telah memakai teknologi nano selama milyaran tahun terbukti dari bagaimana enzim dipakai bersama dengan katalis untuk menciptakan berbagai atom dan molekul sehingga kehidupan di planet ini menjadi amat unik.

Sehingga, ilmuwan sekarang juga mempelajari bagaimana air dapat diproses untuk menghidupkan mobil kita. Mungkin air bisa diuraikan menjadi beberapa unsur dan perlakukan dia seperti H2O. itulah mengapa tidak salah menyebut teknologi nano memakai sains untuk menciptakan sesuatu yang amat sangat kecil bahkan lebih tipis daripada lebar rambut manusia.

Kenyataannya, teknologi nano membuat manusia mampu menyusun ulang atom-atom air menjadi atom debu dan udara sehingga kita dapat menciptakan jagung dan nasi sendiri. Gambaran sederhana dalam pemakaian teknologi nano adalah seperti menyusun ulang atom-atom batubara untuk menciptakan berlian.

Namun, teknologi nano belum diakui secara luas. Di AS, ditemukan bahwa lebih dari 50% orang dewasa masih tidak yakin mengenai apa itu teknologi nano.

sumber: http://www.physicspost.com/science-article-234.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: