Layar sel surya

“Layang-layang kosmik yang ditiup oleh foton merupakan harapan terbesar kita untuk petualangan antar-bintang”

Saat Pesawat Ulang Alik terisi penuh dengan rute bumi – stasiun luar angkasa internasional, 95 % dari beratnya adalah tangki gas. Gaya berat dari bahan bakar merupakan salah satu hambatan terbesar untuk petualangan antar-bintang. Itulah mengapa pemimpi luar angkasa (space futurist) sangat menyukai layar-sel-surya (solar sail), kerajinan “bebas bahan bakar” bertenaga sinar surya.

Sinar surya bergerak dalam paket-paket energi yang disebut foton. Saat foton memantul dari permukaan bercermin, dia akan menghasilkan dua gelombang energi mungil: pertama saat tepat memantul dan kedua setelah memantul. Selama beberapa dekade, ilmuwan berteori bahwa bila anda dapat membuat permukaan pemantul yang cukup besar dan cukup ringan, dia akan terdorong ke luar angkasa oleh aliran foton yang konstan.

Les Johnson, manajer Pusat Penelitian Tenaga Antar Bintang dari Lembaga Penerbangan Luar Angkasa Marshall, memegang lembaran material layar-sel-surya tahap percobaan. Lembaran ini bertanya kurang dari 1/10 ons per yar persegi.

Pada tahun 2010, teori itu akan diuji oleh Planetary Society, salah satu pendirinya adalah Carl Sagan, yang akan meluncurkan layar-sel-surya berukuran 350 kaki persegi yang terbuat dari Mylar aluminium (tebalnya 1/5.000 inci) ke luar angkasa.

Gambar konsep NASA untuk satelit antar-bintang yang memakai layar-sel-surya yang 40 hingga 100 kali lebih tipis dari selembar kertas.

Layar-sel-surya tidak berkecepatan tinggi, namun bertumpu energi yang lebih tenang: percepatan konstan. Layar-sel-surya padat dengan ukuran 600.000 meter persegi akan mempunyai percepatan sekitar satu millimeter per detik. Namun setelah sehari kecepatannya menjadi 310 km per jam. Setelah 12 hari, kecepatannya 3700 km per jam.

Bagian dalam kamar hampa bergaris-tengah 100 kaki (33 meter), peneliti NASA berhasil meluncurkan layar-sel-surya bergaris-tengah 10 meter dengan peluncur yang ringan tapi padat

Bayangkan kecepatannya setelah enam bulan – ilmuwan berharap layar-sel-surya akan keluar dari tata surya ke bintang-bintang lain.

Sumber: How solar Sails work, Majalah How It Works, Edisi Ketiga, www.howitworksdaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: