Energi Negatif

Salah satu sifat ruang hampa berenergi negatif adalah cahaya bergerak lebih cepat di dalamnya daripada di ruang hampa normal, sesuatu di masa depan yang dapat membuat orang bergerak melebihi kecepatan cahaya melalui semacam gelembung hampa berenergi negatif.

Secara teori, suhu terendah yang bisa dicapai adalah nol mutlak, tepatnya -273,15 derajat celcius, di mana gerakan semua partikel benar-benar berhenti.  Namun, anda tak pernah dapat mendinginkan sesuatu pada suhu ini karena, dalam kuantum mekanik, tiap partikel mempunyai energi minimum, disebut “energi titik nol”, yang tak dapat anda tembus. Hebatnya, energi minimum ini tidak hanya berlaku untuk partikel, tetapi juga pada ruang hampa sembarang, yang energinya disebut “energi hampa”. Untuk membuktikan bahwa energi ini memang ada memerlukan percobaan sederhana – ambil dua lempeng besi dalam ruang hampa, letakkan berdekatan, maka keduanya akan tarik-menarik. Ini disebabkan oleh energi di antara lempeng-lempeng yang dapat bergetar hanya dalam frekuensi tertentu, sedangkan di luar lempeng-lempeng ini energi hampa dapat bergetar pada sembarang frekuensi. Karena energi di luar lempeng lebih besar daripada energi di antara lempeng-lempeng maka lempeng-lempeng terdorong mendekati satu sama lain. Karena lempeng-lempeng makin mendekat, gaya membesar, dan pada jarak 10 nm efek ini (disebut efek Casimir) menciptakan lingkungan tekanan di antara keduanya. Karena lempeng-lempeng mengurangi energi hampa di antara keduanya menjadi di bawah energi titik nol, ruang kosong ini dikatakan memiliki energi negatif, yang sifatnya aneh.

Salah satu sifat ruang hampa berenergi negatif adalah cahaya bergerak lebih cepat di dalamnya daripada di ruang hampa normal, sesuatu di masa depan yang dapat membuat orang bergerak melebihi kecepatan cahaya melalui semacam gelembung hampa berenergi negatif.  Energi negatif juga dapat dipakai untuk menahan lubang-cacing perantara terbuka, yang meskipun secara teori memungkinkan, akan runtuh segera setelah tercipta sebab tiada alat untuk menahannya terbuka. Energi negatif juga membuat lubang-hitam menguap. Energi hampa sering dimodelkan seperti partikel semu yang meledak menjadi ada dan hancur. Hal ini tidak melanggar hukum kekekalan energi sepanjang partikel ini segera hancur. Namun, bila dua partikel dibuat pada cakrawala kejadian (event horizon) sebuah lubang hitam, salah satu akan menjauhi lubang hitam, sedangkan lainnya terperosok ke dalamnya. Hal ini berarti keduanya tidak bisa hancur, sehingga keduanya akhirnya memiliki energi negatif. Ketika partikel berenergi negatif terperosok ke dalam lubang hitam, dia akan mengurangi massa lubang hitam alih-alih menambahnya sehingga lambat laun partikel seperti ini akan menguapkan lubang hitam sepenuhnya. Karena teori ini diungkapkan pertama kali oleh Stephen Hawking, partikel yang menjauh karena efek ini (yang tidak terperosok ke dalam lubang hitam) disebut radiasi Hawking. Ini adalah teori pertama yang menyatukan teori kuantum dengan relativitas umum sehingga merupakan penemuan ilmiah terbesar Hawking yang terkini.

Sumber: Negative Energy pada

http://listverse.com/2010/11/04/10-strange-things-about-the-universe/

 

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: