Perempuan Tangguh

Seorang perempuan yang sepanjang hidupnya dapat mengelola seorang lelaki sulit yang tidak mengenal kata “tidak”, sambil membesarkan ekonomi keluarga, melahirkan dua orang anak lelaki, memanjakan mereka, dan tetap merasa dirinya tak kurang suatu apa.

Marni (70) baru bertandang ke rumah kakak iparnya di Jakarta. Penduduk pesisir utara Jateng ini, sepanjang perjalanan dag dig dug. Dari dulu ia takut sekali naik kendaraan umum, apalagi sendirian. Takut copet, takut dihipnotis, takut nabrak, takut…lain-lainnya. ia dari dulu tak pernah diijinkan almarhum suaminya untuk bepergian sendiri.

Kini meskipun tampak sehat segar, ia menolak diajak jalan-jalan. Bukannya tidak ingin “Anakku bilang, aku tidak boleh capek-capek, nanti sakit.” Menurut anaknya, kalau ia kecapekan, tipusnya bisa kambuh.

Orang yang mengenal Marni sejak muda mengenal keperkasaan yang tersembunyi di balik tubuh mungil nan feminim itu. Ia adalah pejuang, pencari nafkah keluarga. Dari sekedar penjahit, penjual es batu, ia dengan tekun meningkat sampai akhirnya berhasil membuka toko besi yang sukses. Suaminya hanya bisa membantu walau tetap cukup galak, termasuk terhadap pelanggan saat menjaga toko.

Apakah Marni marah-marah dan minta cerai? Enggak tuh. Ia malah menyerahkan semua penghasilan toko kepada suaminya. Kepada suaminya ia berikan tugas yang paling “penting”, yaitu menjaga keuangan keluarga.

Ketika suaminya meninggal, anak lelakinya semakin berperan dalam menjaga toko. Lama-kelamaan, si anak lelaki itulah yang menggantikan bapaknya, berperan sebagai “penjaga lemari uang”. Kini, Marni sudah membiasakan diri menurut pada anaknya.

Seorang perempuan yang sepanjang hidupnya dapat mengelola seorang lelaki sulit yang tidak mengenal kata “tidak”, sambil membesarkan ekonomi keluarga, melahirkan dua orang anak lelaki, memanjakan mereka, dan tetap merasa dirinya tak kurang suatu apa.

Apakah Anda menjumpai ada perempuan-perempuan seperti ini di sekitar anda? Perempuan tangguh yang mampu mengalahkan terpaan hidup paling keras tanpa merasa dirinya hebat. Bagi mereka, puisi ini ditulis oleh Tia Sparkles Singh, 2011 :

You.Are.Amazing

As.You.Are.

Stronger than you know.

More beautiful than you think.

Worthier than you believe.

More love than you can ever imagine.

Passionate about making a difference.

Fiery when protecting those you love.

Learning. Growing. Not alone.

Warm. Giving. Generous.

Quirky. Sexy. Funny. Smart.

Flawed. Whole. Scared. Brave.

And so, so, so.much.more

Be Strong. Be Confident. Be You

 ————————————————————————————————-

Disalin dari Majalah Intisari edisi November 2012 halaman 194

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: