Bijak tanpa Bajak

​Seorang Guru membuat garis sepanjang 10 cm di atas papan tulis, lalu berkata : “Anak-anak, coba perpendek garis ini!”

Anak pertama maju kedepan, ia menghapus 2 cm dr garis itu, sekarang menjadi 8 cm. Pak Guru mempersilakan anak ke 2. Iapun melakukan hal yg sama, sekarang garisnya tinggal 6 cm. Anak ke 3 & ke 4 pun maju ke depan, sekarang garis itu tinggal 2 cm.

Terakhir, anak yg bijak maju kedepan, ia membuat garis yg lbh panjang, sejajar dgn garis pertama, yang tinggal 2 cm itu. 
Sang Guru menepuk bahunya, 
“Kau memang bijak. Utk membuat garis itu menjadi pendek, tak perlu menghapusnya – cukup membuat garis yang lbh panjang. Garis pertama akan menjadi lebih pendek dgn sendirinya.”

*Untuk memenangkan Tak perlu mengecilkan yg lain, Tak usah menjelekan yang lain, karena secara tak langsung, membicarakan kejelekan yang lain adalah  cara tak jujur utk memuji diri sendiri. Cukup lakukan kebaikan terbaik yang dapat kita lakukan untuk smuanya, biarkan waktu akan membuktikan kebaikan tersebut.
Sumber: Grup WhatsApp

 

Iklan

Mari Hafalkan Al-Quran

BEBERAPA HAL PENTING DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN

1.PENTINGNYA MENGHAFAL AL QURAN

a) Menghidupkan sunnah Rosululloh SAW.

b) Mencontoh dan meneladani kebiasaan baik orang-orang sholih dan para ulama’ zaman dulu sampai sekarang.

c) Menghidupkan kembali keahlian Para Ulama dalam bidang keilmuannya.

d) Menguatkan keilmuan dan meningkatkan kualitasnya.

2.KEISTIMEWAAN MENGHAFAL AL QURAN

a) Menghafalkan Al Quran berarti menghafalkan pedoman utama syariat agama Islam.

b) Menghafal Al Quran adalah metode yang pertama dalam proses pembelajaran Al Quran.

c) Menghafalkan Al Quran dimudahkan bagi setiap orang.

d) Menghafal Al Quran adalah kegiatan dan usaha yang tidak pernah mengenal rugi dan gagal

3.BEBERAPA KEUTAMAAN PENGHAFAL AL QURAN

a) Orang yang hafal Alquran adalah ahli Alloh dan pilihan Alloh.

b) Orang yang hafal Alquran dimulyakan oleh Alloh.

c) Orang yang hafal Alquran adalah orang yang paling berhak dijadikan imam sholat.

d) Alloh mengangkat derajat orang yang hafal Alquran dengan menjadikannya sebagai pemimpin umat atau menjadi orang-orang yang terhormat di dunia.

e) Orang yang hafal Alquran berhak dihormati dan diutamakan walaupun sudah mati.

f) Orang yang hafal Alquran selalu didekati dan ditemani oleh malaikat safaroh yang mulya.

g) Orang yang hafal Alquran adalah orang yang selalu berdialog (bercengkerama) dengan Alloh dan termasuk orang yang selalu dzikir kepada Allah.

h) Orang yang hafal Alquran dicukupi dan dikabulkan keinginannya oleh Alloh.

i) Orang yang hafal Alquran akan selalu mendapatkan nasehat, obat hati, petunjuk dan rohmat dari dalam hatinya sendiri.

j) Orang yang hafal Alquran dan menguasainya adalah orang yang diutamakan pendapat – pendapatnya untuk kemaslahatan umat.

k) Orang yang hafal Alquran dan selalu membacanya adalah pewaris ilmu kenabian  yang sempurna.

l) Orang yang hafal Alquran dan selalu membacanya membarokahi makhluk dan alam disekitarnya.

m) Orang yang hafal Alquran, memahami isinya, mengamalkannya dan mengajarkannya adalah orang yang paling baik dan paling utama.

n) Orang yang hafal Alquran adalah orang yang kuat imannya jauh dari kejelekan dan hawa nafsu.

o) Orang yang hafal Alquran adalah sang juara-juara kebaikan.

p) Orang-orang yang hafal Alquran selalu mendapat sakinah/ketenangan, dipenuhi rohmat, dilindungi oleh para malaikat, dan terkenal namanya disisi Alloh.

4.BEBERAPA PAHALA YANG SANGAT BESAR BAGI PENGHAFAL AL QUR’AN

a) Setiap huruf hijaiyah dari Alquran yang dia baca mendapatkan sepuluh kebaikan.

b) Membaca ulang 3 ayat dalam sholat dengan hafalan pahalanya lebih baik daripada 3 ekor unta yang gemuk dan besar.

c) Hafalan Alquran sah jika dibuat mas kawin.

5.KEUTAMAAN PENGHAFAL ALQURAN DI AKHIRAT

a) Selamat dari fitnah dan siksa kubur.

b) Mendapatkan syafaat, pertolongan, dan pembelaan dari Alquran mulai bangkit dari kubur sampai berhasil masuk surga.

c) Mendapat naungan khusus dibawah Arsy Alloh pada hari qiyamat.

d) Mendapatkan derajat yang sangat tinggi di dalam surga.

e) Orang tua dari anak yang hafal Alquran dan selalu mengamalkannya mendapat mahkota khusus yang sangat indah.

f) Orang yang hafal Alquran dapat mensyafaati keluarganya.

6.DELAPAN SIFAT YANG HARUS DIMILIKI OLEH ORANG YANG MENGHAFAL ALQURAN

a) Selalu ikhlas /memurnikan niat.

b) Selalu beramal sholih dan meninggalkan maksiat.

c) Selalu bersungguh-sungguh dan bersemangat.

d) Memulai menghafalkan alquran dari masa kecil.

e) Banyak berdoa kepada Alloh.

f) Berusaha menghayati dan memahami arti dan keterangan Alquran.

g) Berusaha selalu bersih dan suci lahir batin.

h) Berakhlaq Alquran.

7.TUJUH KIAT UNTUK MEMUDAHKAN HAFALAN ALQURAN

a) Memilih guru yang ahli Alquran.

b) Memilih mushaf Alquran yang mudah untuk dihafalkan.

c) Memilih teman yang sholih yang dapat membantu dan melancarkan hafalan Alquran.

d) Memilih waktu yang tepat untuk menghafal Alquran.

e) Memilih tempat yang dapat berkonsentrasi dalam menghafal Alquran.

f) Memilih ayat-ayat / surat yang akan dihafalkan sesuai kemampuan.

g) Memilih makanan dan minuman yang dapat menguatkan hafalan.

Semoga kita dan anak turun kita jadi ahli AlQuran & Hafidz sesuai kemampuan, bisa mengamalkan & menyampaikan pada banyak orang, Aamiiiin…

Sumber: Pondok Pesantren Gadingmangu

Sayangnya Allah pada kita

​Ketika kita sakit….

Allah tarik 3 perkara:

😪 Allah tarik keceriaan wajah kita.

😪 Allah tarik selera makan kita.

👍 Allah tarik dosa kita.

💐 Apabila sudah sembuh, Allah antar 2 perkara saja:

💐 😃 Allah antar balik keceriaan wajah kita.

💐 😃 Allah antar balik selera makan kita.

💐 👌 Tp Allah TAK ANTAR BALIK dosa kita..

🌙 🌙 Allahuakbar sayangnya Allah pada kita🌹 🌹 😍 😍 😊 👍   

MENGELUH.  – Sedikit renungan untuk keluhan kita :
😔 Ketika kita mengeluh: “ihhh , aku penat sangat.”
 ALLAH menjawab: (وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا) 

“ Dan KAMI jadikan tidurmu utk istirahat (An Naba’ : 9) 

😔 Ketika kita mengeluh: “Beratnya cobaan ini , tak sanggup rasanya aku.
” ALLAH menjawab : 

(لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا)

 “ AKU tidak membebani seseorang, melainkan sesuai kesanggupannya.” (Al Baqarah : 286)

😔 Ketika kita mengeluh :
“Galaunya aku

” ALLAH menjawab :

 ( أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ)

 “ Hanya dgn mengingatKU hati akan menjadi tenang” (Ar Ra’d : 28) 

😔 Ketika kita mengeluh: “Apa yg aku buat ini semua sia sia.
” ALLAH menjawab : 

(فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ) 

“Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarah sekalipun, niscaya ia akan melihat balasannya ” 

(Al Zalzalah : 7) 

😔 Ketika kita mengeluh: “ tak ada seorangpun yg mau menolong aku.” ALLAH menjawab: 
(وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ) 

“ Berdoalah (mintalah) kepadaKU, niscaya Aku kabulkan”

 (Al Ghafir : 60) 

😔 Ketika kita mengeluh : “ Aku sedih sangat.” ALLAH menjawab:
( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ ) 

“ Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita ” (At Taubah : 40) 

Jangan banyak mengeluh. ❌😔 Banyakkan bersabar dan teruskan kehidupan ini dengan taqwa dan tawakkal.
Semoga menjadi insan yang bertakwa.

Hadapi dengan tenang.☺

Semoga berhasil.👍

Sumber: Grup WhatsApp

Kode dari Bos Besar

Udah dikasih kode, kok engga peka……

Kode apa sih?
Jadi gini, pernah gak temen-temen Lagi enak-enaknya tidur, eh Tiba – tiba banyak nyamuk yang menggigit kita, akhirnya terbangun dari tidur. Lihat jam ternyata jam 02.00
Lalu ambil obat nyamuk, terus tidur lagi

😴😴😴
Setengah jam kemudian terbangun lagi karena kebelet buang air kecil. Setelah buang air, lihat jam ternyata masih jam 02.30 Ya udah deh, tidur lagi.
💤💤💤
Lalu udara dingin banget, bangun terus ambil selimut. Ternyata masih jam 03.00, Pasang selimut terus tidur lagi, dengan kehangatan selimut.
😴😴😴
💤💤💤
“AAAAHHHH..!!!! TIDAAAKK..!!!”

Terbangun…
Huft.. Ternyata tadi mimpi buruk. Lihat jam masih jam 03.30

“Tidur lagi ah, lumayan masih shubuh masih lama nih”

😴😴😴 💤💤💤
Sering kali kita tidak peka terhadap hal seperti itu, tidakkah kita merasa itu adalah kode dari Allah bahwa Allah sedang kangen sama kita?
❓❓❓
Allah ingin kita sholat malam, ingin mendengar doa – doa kita dan curhat kita. Allah lagi rindu kita
#PekaDong 😇😇😇
Di sepertiga malam Allah turun dari ‘Arsy menuju langit bumi.
Allah datang, eh kita malah tidur..

😴😴😴
☝ ☝ ☝
Katanya pengen hidup berubah, sukses, pengen meng-hajikan orang tua, pengen punya rumah, pengen punya mobil dan motor, Terus katanya pengen dapat jodoh *ehh…
😅😅😅
Ketika manusia memberi kode kepada orang lain, terus orang tersebut nggak peka, pasti sakit hatikan ??
Terus bilang deh, “Kenapa sih kamu enggak peka sama aku?

❓❓❓
Coba bayangkan sudah berapa kali kita abaikan kode – kode dari Allah??
❓❓❓
☝ ☝ ☝

Nanti malam kalau dapat kode dari Allah, peka yaaa 😊…
Terus curhat deh pengen apa aja 😍

Sumber: Grup WhatsApp

Marketing Langit

Amalan-amalan Pembuka Pintu Rejeki

1. Shalat Wajib Tepat Waktu.

Shalat Wajib paling utama. Perbaiki dan selalu perbaiki hubungan kita dengan Allah.Karena Allah-lah Sang Maha Pemberi Rezeki.

2. Taqwa.

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya,”

(QS ath-Thalaq: 2-3)..

3. Tawakal

Nabi s.a.w. bersabda : “Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang.”

(Riwayat Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab r.a.).
4. Tahajjud

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”.

(HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).
5. Shalat Dhuha

“Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.”

(HR. Abu Darda`).
6. Dzikir & Istighfar

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi nikmat yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Aku takut kamu ditimpa siksa hari kiamat”.

(QS.Hud:2)

‍‍ 7. Doa dan Restu Orang Tua

Ridhα Allah SWT ada pada ridhα orang tua.  Mintalah restu mereka, terutama Ibu.
8. Silaturrahmi

“Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan.”

(H.R. Bukhari-Muslim)
9. Sedekah

Sabda Nabi s.a.w. :

“Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki melainkan kerana orang-orang lemah di kalangan kamu.”

(Riwayat Bukhari)
10. Berbuat Kebaikan

Sabda Nabi s.a.w. :

“Sesungguhnya Allah tdk akan zalim pd hambanya yg berbuat kebaikan.Dia akan dibalas dengan diberi rezeki di dunia dan akan dibalas dengan pahala di akhirat.”

(HR. Ahmad).
11. Bangun Pagi

Sabda Nabi Shallalahu ‘Alaihi Wassalam :

“Bangunlah pagi-pagi untuk mencari rezekimu dan melakukan tugasmu, karena hal itu membawa berkah dan kesuksesan.”

(H.R. At-Tabarani)
12. Berdagang

Dan Nabi Shallalahu ‘Alaihi Wassalam  bersabda :

“Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan.”

(Riwayat Ahmad)
13. Menikah

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) dan Maha Mengetahui.”

QS. An Nuur : 32
Ingatlah  ….
*Utsman bin Affan Radhiallahu’anhu berkata*
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : « إن القبر أول منازل الآخرة فمن نجا منه فما بعده أيسر منه ، ومن لم ينج منه فما بعده أشد منه » قال : فقال عثمان رضي الله عنه : ما رأيت منظرا قط إلا والقبر أفظع منه
“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Alam kubur adalah awal perjalanan akhirat, barang siapa yang berhasil di alam kubur, maka setelahnya lebih mudah. Barang siapa yang tidak berhasil, maka setelahnya lebih berat.””

Utsman Radhiallahu’anhu berkata, 

“Aku tidak pernah memandang sesuatu yang lebih mengerikan dari kuburan”

(HR. Tirmidzi 2308, ia berkata: “Hasan Gharib”, dihasankan oleh Ibnu Hajar dalam Futuhat Rabbaniyyah, 4/192)

Sumber: Grup WhatsApp

Ngaji Bareng Ustadz

Jamaah : Tanya tadz, hukumnya menikah dengan teman sekantor itu bagaimana..?

Ustadz  : Islam memang membolehkan nikah lebih dari 1, tapi yo ora njur sekantor mbok rabi kabeh, opo kowe ora bingung yen golek  jamune…?

Jamaah : Lha kalau nikah sama anak yang masih kuliah pripun tadz…? 
Ustadz  : Boleh, tapi kalo bisa nikahnya pas sudah pulang kuliah wae, jangan pas di kampus lagi kuliah, ben gak ngganggu dosen karo mahasiswa liyane…

Jamaah : Sekarang kalo adzan nggak boleh muni banter -banter ya, tadz..?? 
Ustadz  : Gak cuman saiki, wiwit biyen gak oleh muni banter banter, adzan ki yo takbir munine Allahu Akbar x4 lan sak teruse, ora gembar-gembor muni “banter banter”, ditapuki wong sak kampung kowe ngko..

Jamaah : Terus hukume ndongakne wong mati, pripun tadz?
Ustadz  : Jelas ra oleh… Sing bener ki ndongakne wong dowo umure, lancar rizkine seger kewarasan utowo tetep iman lan taqwa ne… Ojo malah di dongakke mati.. Ngerti wonge di tapuki kowe…  Lha kae kang paimin, kono neng ngarepane ndang dongakke mati… Nek ora di pisuhi ngko..!!!! 

Jamaah : Hukume salaman bar sholat pripun tadz?? 
Ustadz  : Yo ora popo, wong bar sholat… Bar sholat ki arep nguyuh, ngising yo oleh, sing gak oleh bar sholat terus ijol sandal….. koyo kelakuanmu nek jum’atan.. 

Jamaah : Lha nek sholat sarungan pripun tadz??? 
Ustadz  : Batal, wong sholat kok sarungan.. sing bener ki sarungan dhisik lagi sholat…. Mulane kowe nek sarungan sing kenceng, ben gak mlorot pas sholat disabuki, opo taleni rafia..!!! ojo koyo cah TK…!!! 

 Jamaah : Aku takon kok sirahku malah tambah ngelu tadz??? 

Ustadz  : 😀

Sumber : Grup WhatsApp

English vs Jowo

1) Walk slowly on the edge (side)of the road : jalan pelan2 di pinggir jalan= MLIPIR

2) Falling backward and then hit own head : jatuh ke belakang dan kepala terbentur = NGGEBLAG

3) Falling/tripping forward (and may hit own face) : jatuh ke depan= KEJLUNGUP

4) Smearing one’s body with hotointment or liquid and then massaging it : melumuri tubuh dengan cairan lalu memijat = MBLONYOHI

5) Riding an old bicycle : mengendarai sepeda tua= NGONTHEL.

6) Got hit a truck that is moving backward : tertabrak truk yang mundur= KUNDURAN TRUK

7) Hot pyroclastic cloud rolling down a volcano : semburan awan panas yang menuruni gunung meletus= WEDHUS GEMBEL

Sumberipun : Grup WhatsApp

%d blogger menyukai ini: