18 syarat pakai ponsel cerdas

Seorang Ibu bernama Janell Hoffman baru saja membelikan ponsel untuk putranya yang masih remaja. Dan, berikut 18 syaratnya :

1. Ini ponsel Ibu. Ibu yang beli. Ibu yang bayar. Ibu pinjamkan padamu. Ibu sayang kamu kan?

2. Ibu harus tahu apa password-nya.

3. Jika berdering, terimalah. Namanya saja telepon. Katakan halo, dengan sopan. Jangan pernah mengabaikan telpon bila di layar tertulis “Ibu” atau “Ayah”. Jangan pernah.

4. Kembalikan ponsel pada kami setiap habis Isya tiap hari Senin-Jumat, dan jam 9 malam pada hari Sabtu-Minggu. Ponsel akan dimatikan sepanjang malam.

5. Jangan bawa ponsel ke sekolah. Bicaralah dengan temanmu secara langsung. Kamu berada di dunia nyata.

6. Jika ponsel jatuh ke toilet, terbanting di lantai atau terlempar ke udara, kamu bertanggungjawab mengganti atau memperbaikinya. Bantu Ibu ngemong adik, atau kurangi uang jajan.

7. Jangan pakai ponsel untuk berbohong atau menipu orang lain. Jangan terlibat percakapan yang menghina orang lain. Jadilah teman yang baik atau hindari saja pertemanan yang buruk itu.

8. Jangan SMS, email, atau tulis apapun melalui ponsel ini apa yang saja yang tidak ingin kamu katakan saat berjumpa langsung.

9. Jangan SMS, email, atau tulis apapun melalui ponsel ini yang tidak akan kamu katakan keras-keras pada orangtua temanmu. Sensor dirimu sendiri.

10. Tidak ada pornografi. Cari di web informasi yang kamu bagikan secara terbuka dengan Ibu. Jika kamu tidak tahu, bertanyalah, sebaiknya pada Ibu atau Ayah.

11. Matikan atau bisukan atau simpan saat di restoran, bioskop atau saat berbicara dengan orang lain. Kamu bukan orang yang kasar.

12. Jangan kirim atau terima foto auratmu atau aurat orang lain. Jangan menertawainya. Suatu hari kamu akan tergoda melakukannya. Ini sangat berbahaya dan merusak masa remaja dan dewasamu. Ini selalu buruk. Dunia maya itu luas dan lebih kuat darimu. Dan sangat sulit untuk memperbaikinya.

13. Tak perlu merekam jutaan foto atau video atau apapun. Alami sendiri hidupmu. Itu yang akan terekam di memory-mu sepanjang hidup.

14. Bila terlupa bawa ponsel, tidak perlu panik, nikmati saja. Ponsel bukanlah makhluk hidup atau bagian dirimu. Belajarlah hidup tanpanya. Jadilah lebih besar dan lebih kuat tanpanya.

15. Unduh lagu baru atau klasik atau yang berbeda dari yang diunduh orang-orang lain. Generasimu punya akses ke musik dengan tiada bandingnya sepanjang sejarah. Ambil keuntungan dari nikmat itu. Luaskan wawasanmu.

16. Mainkan game kata atau teka teki silang atau asah otak untuk sekarang dan seterusnya.

17. Buka matamu lebar-lebar. Lihat dunia sekelilingmu. Pandang keluar jendela. Dengarkan kicauan burung. Jalan-jalan. Bicara pada orang asing. Puaskan rasa ingin tahu tanpa harus buka google.

18. Jika kamu melanggar aturan-aturan ini, Ibu akan mengambil kembali ponsel ini. Kita akan duduk dan bermusyawarah. Kita akan mulai dari awal. Kamu dan Ibu, sama-sama belajar. Ibu berada di pihakmu. Kita berada pada tim yang sama.

Ibu berharap kamu bisa menyetujui aturan-aturan ini. Aturan-aturan ini tidak hanya berlaku pada ponsel, tapi juga pada kehidupan. Kamu berkembang di dunia yang cepat dan selalu berubah. Ini sangat menarik. Bersikaplah sederhana. Percayalah pada akalmu yang kuat dan berbesar hatilah melebihi keyakinan pada ponsel. Ibu mencintaimu. Selamat menikmati ponsel baru !

Terjemahan artikel di whatsapp

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: