1 Juz ? Belum tuh…

Kejadiannya beberapa tahun lalu saat saya menunaikan haji. Di Padang Arafah, saat antri menuju toilet, saya diajak ngobrol oleh seorang ibu warga negara Palestina. 
Dia tanya, “Berapa Juz Al Qur’an yang kamu hafal, anak muda?”
Dengan tenang dan tanpa rasa berdosa saya menjawab pertanyaan si Ibu:
“Satu Juz pun saya belum hafal semua , Madam!”
Tiba-tiba wajah si ibu berubah seperti marah: 
“Bagaimana bisa, di negeri yang aman dan damai seorang anak muda belum 1 Juz Al Qur’an pun dihafalnya?”
“Di negeri kami, di tengah dentuman bom dan desingan peluru, anak-anak kami malu kalau sudah berumur 12 tahun belum hafal Qur’an 30juz…”
Si ibu ngomel sambil memandang saya dengan sudut matanya.
Tiba giliran saya masuk toilet, saya hanya memandang si ibu dengan wajah tenang seolah tak terjadi apa-apa pada diri saya. 
Saya malah berpikir: 
“Ibu, di negerimu tak ada mall senyaman di Jakarta. Di negeri ibu tak ada cafe-cafe tempat anak muda ngobrol seperti di negeri kami! Seandainya kau datang ke negeri kami, tentu engkau takkan bertanya tentang Al Qur’an, pasti engkau bertanya tentang baju-baju keren yang digantung di etalase mall itu!”, Pikir saya.
Ada yang aneh setelah kejadian itu. Biarpun kejadiannya sudah beberapa tahun lebih saya tak pernah bisa melupakan wajah dan tatapan si ibu Palestina itu. 
Saya masih ingat kerutan-kerutan di wajahnya. Ekspresinya ketika mendengar jawaban saya bahwa saya belum hafal satu Juz pun. 
Wajah yang tampak sangat sedih penuh kesal bercampur kasian kepada saya.
Berbulan-bulan saya memikirkan kejadian itu, sampai satu hari tiba-tiba saya berpikir:
“Jangan-jangan si Ibu itu adalah malaikat yang dikirim Allah untuk mengingatkan saya.”
“Allahu Akbar, betapa sombongnya dan betapa bodohnya saya, ditegur Malaikat Allah malah jawab sekenanya!”
Padahal setiap Muslim wajib bisa membaca Al Qur’an dengan tartil tanpa kecuali. Wajib hafal dan memahami artinya, tanpa kecuali. Dan setiap Muslim wajib menerapkan kandungan Al Quran jadi akhlaknya sehari-hari, tanpa kecuali!
Ya Allah…..
Sudah sedemikian jauhnya saya dengan AlQur’an…..
Semoga saya bisa menjadi pembelajar yang baik dan diberi kesempatan yg cukup untuk mempelajarinya 
Ya Allah…..😭😭😭😭😭😭😭

Sumber: Grup WhatsApp

Tinggalkan Balasan

