Mobil Tesla

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, MD dari Daimler Benz (Mercedes Benz) mengatakan bahwa pesaing mereka bukan lagi perusahaan mobil lain tapi Tesla (jelas), Google, Apple, Amazon.
Perangkat lunak akan mengganggu industri tradisional dalam 5-10 tahun ke depan.Uber hanyalah sebuah perangkat lunak, mereka tidak memiliki mobil, dan sekarang merupakan perusahaan taksi terbesar di dunia
Airbnb sekarang menjadi perusahaan hotel terbesar di dunia, meskipun mereka tidak memiliki properti apapun.
Kecerdasan Buatan: Komputer menjadi lebih baik secara eksponensial dalam memahami dunia. Tahun ini, komputer mengalahkan pemain Go terbaik di dunia, 10 tahun lebih awal dari perkiraan.Di AS, pengacara muda sudah tidak mendapatkan pekerjaan. Karena IBM Watson, Anda bisa mendapatkan saran hukum (sejauh ini untuk hal-hal yang kurang lebih mendasar) dalam hitungan detik, dengan akurasi 90% dibandingkan dengan akurasi 70% saat dilakukan oleh manusia.
Jadi jika Anda belajar hukum, segera hentikan. Akan ada 90% lebih sedikit pengacara di masa depan, hanya spesialis yang akan tetap tinggal.Watson sudah membantu perawat yang mendiagnosa kanker, 4 kali lebih akurat dibanding perawat manusia. Facebook sekarang memiliki perangkat lunak pengenalan pola yang bisa mengenali wajah lebih baik dari manusia. Pada tahun 2030, komputer akan menjadi lebih cerdas dibanding manusia.
Mobil otonom: Pada tahun 2018 mobil penggerak diri pertama akan muncul untuk umum. Sekitar tahun 2020, industri yang lengkap akan mulai terganggu.Anda tidak ingin memiliki mobil lagi. Anda akan menghubungi mobil dengan telepon Anda, itu akan muncul di lokasi Anda dan mengarahkan Anda ke tempat tujuan. Anda tidak perlu memarkirnya, Anda hanya membayar untuk jarak yang digerakkan dan bisa menjadi produktif saat mengemudi. Anak-anak kita tidak akan pernah mendapatkan SIM dan tidak akan memiliki mobil sendiri.
Ini akan mengubah kota, karena kita membutuhkan mobil 90-95% lebih sedikit untuk itu.Kita bisa mengubah bekas tempat parkir menjadi taman. 1,2 juta orang meninggal setiap tahun karena kecelakaan mobil di seluruh dunia. Kami sekarang memiliki satu kecelakaan setiap 60.000 mil (100.000 km), dengan pengemudi otonom yang akan jatuh ke satu kecelakaan dalam 6 juta mil (10 juta km). Itu akan menyelamatkan satu juta nyawa setiap tahunnya.
Sebagian besar perusahaan mobil mungkin akan bangkrut.Perusahaan mobil tradisional mencoba pendekatan evolusioner dan hanya membangun mobil yang lebih baik, sementara perusahaan teknologi (Tesla, Apple, Google) akan melakukan pendekatan revolusioner dan membangun komputer dengan roda.
Banyak insinyur dari Volkswagen dan Audi; Benar-benar takut pada Tesla.
Perusahaan asuransi akan mengalami masalah besar karena tanpa kecelakaan, asuransi akan menjadi 100x lebih murah.Model bisnis asuransi mobil mereka akan hilang.
Real estat akan berubah Karena jika Anda bisa bekerja saat Anda bolak-balik, orang akan bergerak lebih jauh untuk tinggal di lingkungan yang lebih indah.
Mobil listrik akan menjadi mainstream sekitar 2020. Kota akan kurang ribut karena semua mobil baru akan berjalan dengan listrik.Listrik akan menjadi sangat murah dan bersih: Produksi matahari telah berada di kurva eksponensial selama 30 tahun, namun sekarang Anda dapat melihat dampak yang berkembang.
Tahun lalu, lebih banyak energi surya dipasang di seluruh dunia daripada fosil. Perusahaan energi berusaha keras untuk membatasi akses ke grid untuk mencegah persaingan dari instalasi surya rumah, tapi itu tidak bisa bertahan lama.Teknologi akan mengurus strategi itu.
Dengan listrik murah datang murah dan air melimpah. Desalinasi air asin sekarang hanya membutuhkan 2kWh per meter kubik (@ 0,25 sen). Kita tidak memiliki air yang langka di kebanyakan tempat, kita hanya memiliki air minum yang langka. Bayangkan apa yang akan terjadi jika ada yang bisa memiliki air bersih sebanyak yang dia mau, karena hampir tanpa biaya.Kesehatan: Harga Tricorder X akan diumumkan tahun ini. Ada perusahaan yang akan membangun perangkat medis (disebut “Tricorder” dari Star Trek) yang bekerja dengan telepon Anda, yang membawa pemindaian retina Anda, sampel darah Anda dan Anda menarik napas ke dalamnya.
Ini kemudian menganalisis 54 biomarker yang akan mengidentifikasi hampir semua penyakit.Itu akan murah, jadi dalam beberapa tahun semua orang di planet ini akan memiliki akses terhadap analisis medis kelas dunia, hampir secara gratis. Selamat tinggal, pendirian medis.
Pencetakan 3D: Harga printer 3D termurah turun dari $ 18.000 sampai $ 400 dalam waktu 10 tahun. Pada saat yang sama, itu menjadi 100 kali lebih cepat.Semua perusahaan sepatu besar sudah memulai sepatu cetak 3D.
Beberapa suku cadang pesawat terbang sudah dicetak 3D di bandara terpencil. Stasiun luar angkasa sekarang memiliki printer yang menghilangkan kebutuhan akan sejumlah besar suku cadang yang biasa mereka miliki di masa lalu.
Pada akhir tahun ini, ponsel pintar baru akan memiliki kemungkinan pemindaian 3D.Anda kemudian bisa memindai kaki Anda dan mencetak sepatu Anda yang sempurna di rumah.
Di China, mereka sudah 3D dicetak dan membangun gedung perkantoran 6 lantai lengkap. Pada 2027, 10% dari semua yang dihasilkan akan dicetak 3D.Peluang bisnis: Jika Anda memikirkan ceruk yang ingin Anda masuki, tanyakan pada diri Anda: “Ke depan, apakah Anda pikir akan memilikinya?” Dan jika jawabannya ya, bagaimana Anda bisa mewujudkannya lebih cepat?
Jika tidak bekerja dengan telepon Anda, lupakan idenya. Dan gagasan yang dirancang untuk sukses di abad ke-20 akan gagal pada abad ke-21.Pekerjaan: 70-80% pekerjaan akan hilang dalam 20 tahun ke depan. Akan ada banyak pekerjaan baru, tapi tidak jelas apakah akan ada cukup banyak pekerjaan baru dalam waktu yang sangat singkat.
Pertanian: Akan ada robot pertanian senilai $ 100 di masa depan. Petani di negara-negara dunia ketiga kemudian bisa menjadi pengelola lapangan mereka daripada bekerja sepanjang hari di ladang mereka.
Aeroponics akan membutuhkan lebih sedikit air.Cawan Petri pertama menghasilkan daging sapi muda, sekarang tersedia dan akan lebih murah daripada sapi yang diproduksi pada tahun 2018. Saat ini, 30% dari semua permukaan pertanian digunakan untuk sapi. Bayangkan jika kita tidak membutuhkan ruang itu lagi. Ada beberapa pemula yang akan segera membawa protein serangga ke pasaran. Ini mengandung lebih banyak protein daripada daging.Itu akan diberi label sebagai “sumber protein alternatif” (karena kebanyakan orang masih menolak gagasan memakan serangga).
Ada sebuah aplikasi yang disebut “moodies” yang sudah bisa memberi tahu di mana mood Anda berada. Pada tahun 2020 akan ada aplikasi yang dapat diketahui oleh ekspresi wajah Anda, jika Anda berbohong. Bayangkan sebuah debat politik di mana ia ditampilkan saat mereka mengatakan yang sebenarnya dan kapan tidak.Bitcoin bahkan bisa menjadi mata uang cadangan default … Dari dunia!
Panjang Umur: Saat ini, rentang hidup rata-rata meningkat 3 bulan per tahun. Empat tahun yang lalu, rentang hidup dulu 79 tahun, sekarang sudah 80 tahun. Kenaikan itu sendiri meningkat dan pada 2036, akan ada kenaikan lebih dari satu tahun per tahun.Jadi kita semua bisa hidup untuk waktu yang lama, mungkin jauh lebih dari 100.
Pendidikan: Ponsel pintar termurah sudah berada di $ 10 di Afrika dan Asia. Pada tahun 2020, 70% dari semua manusia akan memiliki ponsel pintar. Artinya, setiap orang memiliki akses yang sama terhadap pendidikan kelas dunia.
Setiap anak dapat menggunakan akademi Khan untuk semua hal yang perlu dipelajari anak di sekolah di negara-negara Dunia Pertama.Sudah ada rilis perangkat lunak di Indonesia dan sebentar lagi akan ada rilis dalam bahasa Arab, Suaheli dan China musim panas ini.Saya dapat melihat potensi yang sangat besar jika kita memberikan aplikasi bahasa Inggris secara gratis, sehingga anak-anak di Afrika dan tempat lain dapat menjadi fasih dalam bahasa Inggris dan itu bisa terjadi dalam waktu setengah tahun.
Harus membaca artikel tentang bagaimana hidup kita akan berubah drastis dalam 20 tahun oleh CEO Mercedes.

Sumber: Grup WhatsApp

Iklan

Belajar Antri

Seorang guru   di Australia pernah berkata :

“Kami tidak terlalu khawatir anak2 sekolah dasar kami tidak pandai Matematika”. Kami jauh lebih khawatir jika mereka tidak pandai mengantri.”
Saya tanya “kenapa begitu?”
Jawabnya :
1. Karena kita hanya perlu melatih anak 3 bulan saja secara intensif untuk bisa Matematika, sementara kita perlu melatih anak hingga 12 Tahun atau lebih untuk bisa mengantri dan selalu ingat pelajaran di balik proses mengantri.
2. Karena tidak semua anak kelak menggunakan ilmu matematika kecuali TAMBAH, KALI, KURANG DAN BAGI. Sebagian mereka anak jadi penari, atlet, musisi, pelukis, dsb.
3. Karena semua murid sekolah pasti lebih membutuhkan pelajaran Etika Moral dan ilmu berbagi dengan orang lain saat dewasa kelak.
”Apakah pelajaran penting di balik budaya MENGANTRI?”
”Oh banyak sekali..”
1. Anak belajar manajemen waktu jika ingin mengantri paling depan datang lebih awal dan persiapan lebih awal.
2. Anak belajar bersabar menunggu gilirannya jika ia mendapat antrian di tengah atau di belakang.
3. Anak belajar menghormati hak orang lain, yang datang lebih awal dapat giliran lebih awal.
4. Anak belajar disiplin, setara, tidak menyerobot hak orang lain.
5. Anak belajar kreatif untuk memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan saat mengantri. (di Jepang biasanya orang akan membaca buku saat mengantri)
6. Anak bisa belajar bersosialisasi menyapa dan berkomunikasi dengan orang lain di antrian.
7. Anak belajar tabah dan sabar menjalani proses dalam mencapai tujuannya.
8. Anak belajar hukum sebab akibat, bahwa jika datang terlambat harus menerima konsekuensinya di antrian belakang.
9. Anak belajar disiplin, teratur, dan menghargai orang lain
10. Anak belajar memiliki RASA MALU, jika ia menyerobot antrian dan hak orang lain.
11. Dan masih banyak pelajaran lainnya, silakan anda temukan sendiri..
FAKTANYA di Indonesia..
Banyak orang tua justru mengajari anaknya dlm masalah mengantri dan menunggu giliran, Sebagai berikut :
1. Ada orangtua yang memaksa anaknya untuk ”menyusup” ke antrian depan dan mengambil hak anak lain yang lebih dulu mengantri dengan rapi. Dan berkata ”Sudah cuek saja, pura-pura gak tau aja !!”   
2. Ada orangtua yang memarahi anaknya dan berkata ”Dasar Penakut”, karena anaknya tidak mau dipaksa menyerobot antrian.
3. Ada orangtua yang memakai taktik atau alasan agar dia atau anaknya diberi jatah antrian terdepan, dengan alasan anaknya masih kecil, capek, rumahnya jauh, orang tak mampu, dsb.
4. Ada orang tua yang marah-marah karena dia atau anaknya ditegur gara-gara menyerobot antrian orang lain, lalu ngajak berkelahi si penegur.
5. Dan berbagai kasus lain yang mungkin pernah anda alami.
Yuk kita ajari anak-anak kita, kerabat dan saudara untuk belajar etika sosial, khususnya ANTRI.
Budaya SUAP dan KORUPSI juga dimulai dari tidak mau belajar mengantri…..
                              CARE to SHARE

You Are What You Think

Suatu hari, Rasulullaah SAW menjenguk seseorang yang sedang sakit demam. Beliau menghibur dan membesarkan hati orang tersebut.
Beliau bersabda, 

” *Semoga penyakitmu ini menjadi penghapus dosamu*”.
Orang itu menjawab, 

” *Tapi ini adalah demam yang mendidih, yang jika menimpa orangtua yang sudah renta, bisa menyeretnya ke lubang kubur* “.
Mendengar keluhan orang itu, Rasulullaah SAW bersabda :

‘ *Kalau demikian anggapanmu, maka akan begitulah jadinya* ’.

(HR. Ibnu Majah)
Sungguh indah apa yang disabdakan Rasulullaah SAW. 
*Perhatikan pesan-pesan Rasulullaah SAW berikut ini :*
” _Barangsiapa yang ridha, maka keridhaan itu untuknya. Barangsiapa mengeluh, maka keluhan itu akan menjadi miliknya_ ”

*(HR. at-Tirmidzi)*
“Salah satu kebahagiaan seseorang adalah *keridhaannya menerima keputusan ALLAAH.”*

(HR. Ahmad)
🔹 *Jika kita memikirkan bahagia, maka kita akan bahagia.*
🔹 *Jika kita berpikiran sedih, maka kita menjadi sedih.*
🔹 *Jika kita berpikiran gagal, kita menjadi gagal*.
🔹 *Jika kita berpikiran sukses, maka kita niscaya sukses.*
🔹 *Jika kita berpikiran sakit, kita juga menjadi sakit.*
🔹 *Jika kita berpikiran sehat, maka kita pun akan sehat.*
*Inilah, The Law of Attraction Hukum Tarik Menarik,  merupakan Sunnatullaah yang berlaku di alam semesta*
_*You are what you think*_ (Anda adalah apa yang Anda pikirkan).
*Selalulah berpikir yang positif* dan jangan pernah biarkan pikiran negatif membelenggu otak dan kehidupan kita. 
_Jadi tetap semangat dan jangan pernah menyerah pada keadaan_.
Tugas kita hanya 2, yaitu : *_Berusaha optimal dan berdoa._*
Sedangkan selanjutnya itu Kuasa ALLAAH SWT.
Nabi SAW bersabda :

“Ketika seorang hamba berkata, *Laa Haula Wa Laa Quwwata Ila Billah*,  maka ALLAAH berfirman, ” *_Lihatlah (hai para malaikat), orang ini telah menyerahkan urusannya kepadaKu_*”.

(HR. Ahmad).
*Pikirkan yang baik-baik, berkata yang baik, Bertindaklah yang Baik- Baik, dan Insyaa Allaah yang datang juga yang Baik- Baik!*
_Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat._
*Robbana Taqobbal Minna*

_Ya Allaah terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin…_

Sumber: Grup WhatsApp

Manusia Bahagia

Seorang yg bijak sewaktu ditanya “Apakah yang Paling Membingungkan” di Dunia ini ?
Beliau menjawab : “Manusia”,
Karena dia “Mengorbankan Kesehatannya” hanya “Demi uang”;

Lalu dia “Mengorbankan Uang”nya demi Kesehatan”.
Lalu dia “Sangat Khawatir” dengan “Masa Depannya”.

sampai’ dia “Tidak Menikmati Masa Kini”;

akhirnya dia “Tidak Hidup di Masa Depan atau pun di Masa Kini”;
Dia “Hidup Seakan-akan Tidak Akan Mati”,

lalu dia “Mati” tanpa “Benar2 Menikmati” apa itu “Hidup”….
Bersyukurlah apa yang selama ini kita dapati dan kita nikmati…..

Karena kita tidak akan tahu, apa yang akan terjadi hari esok..
Ketika lahir dua tangan kita kosong…..

ketika meninggal kedua tangan kita juga kosong…
Waktu datang dan waktu pergi kita tidak membawa apa²……
Jangan sombong karena kaya dan berkedudukan..

Jangan minder karena miskin…
Kaya belum tentu mulia…

Miskin belum tentu hina…
Kaya belum tentu bahagia…

Miskin belum tentu menderita….
Bukankah kita semua hanyalah tamu dan semua milik kita hanyalah pinjaman..
Tetaplah RENDAH HATI seberapapun tinggi kedudukan kita…..
Tetaplah PERCAYA DIRI seberapapun kekurangan kita.
Karena kita hadir tidak membawa apa2 dan kembali juga tidak membawa apa2…

Hanya pahala kebajikan atau dosa kejahatan yang dapat kita bawa.
Datang kita menangis….

Pergi juga ditemani oleh Tangis…..
Maka dari itu tetaplah BERSYUKUR dalam segala keadaan apa pun…. 
Hiduplah disaat yg benar-benar ADA dan NYATA untuk kita, yaitu SAAT INI…

bukan dari bayang2 masa lalu maupun mencemaskan masa mendatang yg belum lagi tiba..
“Pemenang kehidupan” adalah orang yang TETAP SEJUK di tempat yang panas…

yang TETAP MANIS di tempat yang sangat pahit….

yang TETAP RENDAH HATI meskipun telah menjadi besar….

serta TETAP TENANG di tengah badai yang paling hebat…
HIDUP lah dengan BAHAGIA 

karena  Anda berHAK BAHAGIA

Sumber: Grup WhatsApp

Yakin Mau Kawin Lagi?

Semalem seperti biasa setelah anak-anak tidur, ane ngobrol santai sama istri. Doi cerita soal lelaki bersorban yang poligami, tanpa sepengetahuan istri. Dan kini si istri nuntut cerai.

Kata istri ane, curhatannya itu viral, dan mengundang airmata. Ane sendiri belum membacanya, karena keburu bingung saat istri meninju ane dengan satu pernyataan: “sebenarnya kenapa sih laki-laki tertarik untuk menikah lagi?”

Ane dalam posisi tidak tertarik untuk menikah lagi. Jadi tidak tahu jawaban pastinya. Tapi sebagai laki-laki dengan insting pejantan, bolehlah ane mereka-reka, kalau salah satu alasan nikah lagi adalah alasan kesenangan. (Mohon maaf tidak bermaksud menyinggung pelaku poligami, maupun ajaran tentang poligami)

Jadi gini, waktu awal nikah kita pernah kepikir ngga sih gan, bahwa someday akan jatuh cinta lagi seperti saat itu kita mencintai dia? Ane yakin jawabannya: enggak.

Masa bulan madu, masa lagi ganas-ganasnya, mana ada kepikir kawin lagi. 
Tapi lihatlah nyatanya. Jatuh cinta kedua, ketiga, keempat kalinya itu bisa saja terjadi. Alasannya biasanya seputar:

1. Wanita baru lebih cantik dan seksi (akuilah ini faktor terpenting)

2. Wanita baru lebih perhatian

3. Butuh tantangan dalam rumahtangga.

Nah, mari kita bahas satu per satu.

#cantik_dan_seksi

Kenapa sih selalu saja ada wanita yang lebih cantik dari istri kita? Jawabannya karena dia belum jadi istri kita.
Yoi gan, as simple as that.
Sekarang iya, doi cantik, dandan, full make up, seksi, body terjaga. Nah coba deh ente kawinin. Tunggu 2 tahun kemudian. Yakin masih sama?
Cantik dan seksinya wanita lain, itu semu. Percaya sama ane.

#perhatian

Kenapa sih dia lebih perhatian dari istriku?

Kenapa ya, kalo ngobrol sama dia lebih seru rasanya? Beda kalo ngobrol sama istri. Yang dibahas SPP anak mulu. Belum lagi kalau anak panas, batuk, pilek….😪
Kenapa ngobrol sama wanita lain lebih seru gan?
Ya karena dia bukan istri kita!
Jadi gini gan.. Istri kan bagian dari diri kita. Partner mengarungi hidup. Jadi wajar kalau apa yang kita bicarakan adalah soal keluarga, soal masa depan, soal keuangan, yang kadang isi obrolan itu jadi menjemukan.
Ya soal biaya listrik naik, soal biaya les anak-anak, soal mertua yang sakit, soal renovasi rumah, soal tabungan hari tua. Kita bicarakan hal yang menyangkut diri kita. Dan ini tidak ringan.
Coba bandingkan kalau kita ngobrol dengan yang lain. Kenapa jadi terkesan seru, karena obrolan kita ngga ada unsur kepusingan dalam hidup. Free. Santai.
Nah, coba ente kawinin itu wanita. Tunggu 2 tahun kemudian. Akankah ente kangen dengan obrolan seru tadi?

#butuhTantangan

Nah ini yang ane ngga habis pikir. Kurang tantangan apa coba kita ini, ngehidupin anak bini. Dia yang baru, terlihat lebih menantang karena bukan istri kita. Ngga serumah dengan kita.
Coba deh ente kawinin. Tantangan indah itu ane jamin akan kelar. Berganti jadi tantangan seumur hidup yang belum tentu bisa ente jalani.
Belum kalau bicara soal “kutukan sosial”. Ngeri gan.. 
Dituntut adil. Kudu mengayomi keluarga kedua istri. Menghibur anak-anak yang bisa aja kena bully “eh bokap lo kawin lagi ya?” (Percayalah ngga ada anak yang batinnya senang diberi pertanyaan macam ini)
Semua tantangan ini, kalau ditimbang, jauh lebih menyulitkan dari pada punya istri tunggal.
Kalau ente memang sudah siap, bisa berlaku adil, kuat dari segi materi maupun performa, lanjutkan gan, ane dukung. 
Tapi kalau ente masih cangcimen kaya ane, nafkah seadanya, badan juga masuk angin mulu banyak kerokannya…
Udah lah gan, satu aja ini kita jalanin.

Insya Allah kalau ente tahu apa makna berumah tangga. Ane yakin, meski di sana banyak yang cantik dan seksi, ngga akan agan berpaling.

Percaya gan 👍

Sumber: Grup WhatsApp

Alur Pengurusan STNK baru

Assalamualaikum,

Saya mengurus perpanjangan STNK sepeda motor (ganti pelat setelah 5 tahun) pada 17 Juni 2017 di Samsat Surabaya. Alurnya sebagai berikut:
1. Antri formulir cek fisik

Mengantri di loket untuk dapat formulir cek fisik. Pemohon mengantri sendiri tidak ada petugas yang mengatur. Sempat ada serobot-serobotan tapi secara umum teratur.
2. Cek fisik

Bawa sepeda motor ke lokasi cek fisik.
3. Fotokopi KTP, BPKB dan STNK

Setelah selesai cek fisik, parkir sepeda motor lalu fotokopi KTP, BPKB dan STNK. Sekalian beli map.
4. Pengecekan

Letakkan berkas di loket cek fisik, petugas akan mengecek kelengkapan berkas.
5. Loket Pembaruan STNK.

Menuju ke loket formulir pembaruan STNK. Kalau anda mengurus selain motor anda sendiri, baiknya siapkan Surat Kuasa.
6. Masuk ke kantor ke meja pemandu

Langkah 1 sampai 5 berada di luar gedung utama. Masuklah ke gedung utama ke meja pemandu. Anda akan dilayani oleh siswa SMK yang lagi magang. Mereka akan mengecek kelengkapan berkas anda. Bila lengkap maka anda akan diminta ke loket 1.
7. Loket 1 

Petugas akan mengecek lagi berkas Anda lalu anda akan diminta mengambil nomer antrian bayar. Setelah nomer anda dipanggil anda akan diminta membayar.
8. Loket 2 

Setelah itu anda menuju loket 2 untuk menunggu panggilan. Setelah anda dipanggil anda  akan menerima STNK baru. Duduk dan tunggulah panggilan ke-2. Setelah anda dipanggil anda akan menerima pelat nomer baru. Selesailah sudah. Semuanya perlu waktu hanya 2 jam.
9. Isilah Survey Kepuasan.

Sambil anda berjalan menuju pintu keluar, anda akan menemui monitor mengenai kepuasan layanan. Luangkan waktu sebentar untuk mengisinya.
Selamat mengurus ! Semoga berkah dan lancar. Amiin. Wassalamu’alaikum.

Nasihat Quraish Shihab untuk putrinya

“​Keberuntungan” kadang memainkan perannya dalam kehidupan manusia, sekalipun kerap tidak masuk akal. Karena itulah takdir mereka.

Boleh jadi keterlambatanmu dari suatu perjalanan adalah keselamatanmu. Boleh jadi tertundanya pernikahanmu adalah suatu keberkahan. Boleh jadi dipecatnya engkau dari pekerjaan adalah suatu maslahat.

Boleh jadi sampai sekarang engkau belum dikarunia anak itu adalah kebaikan dalam hidupmu. Boleh jadi engkau membenci sesuatu tapi ternyata itu baik untukmu, karena Allah Maha Mengetahui Sedangkan engkau tidak mengetahui.

Sebab itu, jangan engkau merasa gundah terhadap segala sesuatu yang terjadi padamu, karena semuanya sudah atas izin Allah. Jangan banyak mengeluh karena hanya akan menambah kegelisahan.

Perbanyaklah bersyukur, Alhamdulillah, itu yang akan mendatangkan kebahagiaan. Terus ucap alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah, sampai engkau tak mampu lagi mengucapkannya.

Selama kita masih bisa tidur tanpa obat tidur, kita masih bisa bangun tidur hanya dengan satu bunyi suara, kita terbangun tanpa melihat adanya alat-alat medis yang menempel di tubuh kita, itu pertanda bahwa kita hidup sejahtera.

Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah, ucapkan sampai engkau tak mampu lagi mengucapkannya.

Jangan selalu melihat ke belakang karena disana ada masa lalu yang menghantuimu. Jangan selalu melihat ke depan karena terkadang ada masa depan yang membuatmu gelisah. Namun lihatlah ke atas karena di sana ada Allah yang membuatmu bahagia.

Tidak harus banyak teman agar engkau menjadi populer, singa sang raja hutan lebih sering berjalan sendirian. Tapi kawanan domba selalu bergerombol. Jari-jari juga demikian; kelingking, jari manis, jari tengah, jari telunjuk, semuanya berjajar bersampingan kecuali jari jempol dia yang paling jauh diantara keempat itu.

Namun perhatikan engkau akan terkejut kalau semua jari-jari itu tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya jempol yang sendiri yang jauh dari mereka.

Karena itu, sebenarnya yang diperhitungkan bukanlah jumlah teman yang ada di sekelilingmu akan tetapi banyaknya cinta dan manfaat yang ada di sekitarmu, sekalipun engkau jauh dari mereka.

Menyibukkan diri dalam pekerjaan akan menyelamatkan dirimu dari tiga masalah; yaitu kebosanan, kehinaan, dan kemiskinan.

Aku tidak pernah mengetahui adanya rumus kesuksesan, tapi aku menyadari bahwa “rumus kegagalan adalah sikap asal semua orang”.

Teman itu seperti anak tangga, boleh jadi ia membawamu ke atas atau ternyata sebaliknya membawamu ke bawah, maka hati-hatilah anak tangga mana yang sedang engkau lalui.

Hidup ini akan terus berlanjut baik itu engkau tertawa ataupun menangis, karena itu jangan jadikan hidupmu penuh kesedihan yang tidak bermanfaat sama sekali.

Berlapang dadalah, maafkanlah, dan serahkan urusan manusia kepada Tuhan, karena engkau, mereka, dan kita semua, semuanya akan berpulang kepadaNya.

Jangan tinggalkan sholatmu sekali pun. Karena di sana, jutaan manusia yang berada di bawah tanah, sedang berharap sekiranya mereka diperbolehkan kembali hidup mereka akan bersujud kepada Allah SWT walau sekali sujud.

Jangan selalu bersandar pada cinta, karena itu jarang terjadi. Jangan bersandar kepada manusia karena ia akan pergi. Tapi bersandarlah kepada Allah SWT, Tuhan YME, karena Dialah yang menentukan segalanya.

%d blogger menyukai ini: