Bagaimana melihat Alloh…?

Seorang laki-laki bernama Dzi’lib Al-Yamani bertanya: ” Dapatkah Anda melihat Tuhanmu, wahai Amir Al-Mukminin?” Jawab Imam Ali r.a.:”Akankah aku menyembah sesuatu yang tidak kulihat?!” “ Bagaimana Anda melihat-Nya?” Tanya orang itu lagi. Maka beliau pun memberikan penjelasannya:

Dia (Alloh) takkan tercapai oleh penglihatan mata, tetapi oleh mata-hati yang penuh dengan hakikat keimanan. Ia dekat dari segalanya tanpa sentuhan. Jauh tanpa jarak. Berbicara tanpa harus berpikir sebelumnya. Berkehendak tanpa perlu berencana. Berbuat tanpa memerlukan tangan. Lembut tapi tidak tersembunyi. Besar tapi tidak teraih.Melihat tapi tidak bersifat inderawi. Maha Penyayang tapi tidak bersifat lunak.

Wajah-wajah merunduk di hadapan keagungan-Nya. Jiwa-jiwa bergetar karena ketakutan terhadap-Nya

Sumber: Mutiara Nahjul Balaghah

7 Tanggapan

  1. saya pernah mendapat cerita dari guru agama saya waktu SD ketika ada seseorang ingin sekali melihat Alloh. dia mengungkapkannya pada guru agamanya. kemudian guru agamanya tersebut hanya bilang Allohu akbar
    ketika orang itu bertanya lagi bagaimana melihat Alloh, gurunya juga menjawab hal yg sama. setelah berkali kali dia meminta ingin melihat Alloh walaupun hanya setitik kecil.
    hingga suatu saat, dia benar benar dapat melihat setitik yg sangat kecil
    namun apa yg terjadi, orang tersebut langsung gila

    Suka

    • Mas drummerfan,
      saya yakin ada sebab lain yang membuat dia gila, sebab mengenal Tuhan justru membuat kita makin sadar. Mudah-mudahan orang tersebut lekas sembuh.
      Terimakasih tellah mengunjungi blog saya.

      Eko H

      Suka

    • bisa jadi orang tsb gila .. tapi gila thd Allah dan mengesampingkan selain Allah

      Suka

  2. disini banyak buku-buku gratis untuk dibaca http://www.holybooks.com/wp-content/uploads/

    Suka

Tinggalkan komentar